Anak kecanduan handphone? Beginilah Cara Mengatasinya

ANDika - Buat kalian para orang tua harus bisa menjaga anak anda agar masa depan mereka terjamin , contohnya seperti hal buruk pada anak yang ketergantungan pada Smartphone . dijaman yang semakin canggih ini , jarang sekali anak anak berkeliaran bermain ria diluar dan memilih untuk asik bermain smartphone dirumah , ini karena orang tua terlalu memanjakan anaknya untuk menggunakan smartphone .
Orang tua adalah orang yang berperan penting dalam menajaga anaknya , terutama ibu . Sebenarnya faktor kesalahan orang tua yaitu adalah melarang anaknya untuk bermain dengan anak seumuran mereka atau juga mereka orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga orang tua tidak bisa mengajak mereka untuk bermain keluar rumah , yang paling parahnya adalah kalian hanya akrab kepada orang rumah dan tidak memiliki keakraban kepada tetangga sehingga membuat anak kita tidak bisa berteman dengan anak tetangga lainnya .


Menangis adalah salah satu cara anak paling ampuh yang membuat kita merasa kasihan dan terpaksa memberikan smartphone kepadanya, padahal cara ini salah , mengapa? Biarkanlah anak menangis dan coba kita ajak anak atau manjakan seperti mengajak mereka ketaman, memberi mainan baru, dan lainnya mungkin hal ini menjamin anak menjadi aktif . Anda sebagai orang tua harus tahu dampak buruk bagi anak yang ketergantungan atau kecanduan handphone , apa saja itu?


  • Susah tidur
  • Kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
  • Membuat mata mereka rusak
  • Membuat anak malas seperti pergi sekolah
  • Mencoba menonton video dewasa
Coba perhatikan dampak buruk diatas, dampaknya sangat membahayakan apalagi yang terakhir, mencoba menonton video "porno" . Bukan hanya mencoba memainkan sebuah games, anak juga bisa membuka sebuah video dewasa contohnya seperti membuka youtube , Youtube diakses secara gratis dan mudah oleh penggunanya, orang tua awalnya sering mencoba menghibur anaknya yang sedang menangis dan orang tua mencoba menghiburnya dengan sebuah video lucu misalnya,  lalu anak merasa senang dan ketagihan untuk melihat videonya berulang-ulang, disitulah anak mencoba mengakses sebuah video dewasa secara tidak disengaja .


Memang anak seusia mereka harus kita bahagiakan dengan cara apapun tapi tidak dengan smartphone, kalian para orang tua harus menjaga si buah hati agar tidak kecanduan handphone dan dampaknya sangat parah , lalu bagaimana caranya?
Langkah mengatasi si buah hati kecanduan smartphone
Memang orang tua boleh saja memberikan handphone kepada anak kita tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, apa saja?


1. Mengajak Anak Pergi Keluar Rumah


Mungkin hal yang pertama sangat efektif agar anak tidak terlalu bergantung kepada smartphone-nya misalnya anak anda menangis agar anda memberikan smartphone kepadanya , jangan berikan! Mari kita alihkan mereka dengan mengajaknya keluar seperti membeli mainan baru atau juga pergi ketaman bermain, hal ini membuat anak anda merasa lupa akan hal smartphone anda & membuat anak menjadi aktif bersosialisasi , jadi intinya jika mereka menangis coba alihkan pembicaraannya seperti cara diatas .


2. Memberikan Kegiatan Kepada Anak

Untuk hal ini kita bisa ambil contohnya seperti memberikan kegiatan seperti les kepada anak atau juga minat yang disukai anak . Tidak salah orang tua mendorong anak untuk aktif kepada kegiatannya atau minat mereka . Contohnya anak anda mempunyai bakat menggambar , coba turuti hal yang diminatinya selain membuat anak anda tidak ketergantungan handphone hal ini membuat anak menjadi kreatif dan berbakat untuk masa depannya .


3. Batasi Penggunaan Handphone Dengan Anak

Misalnya anak anda belum mempunyai smartphone dan kalian orang tua meminjamkannya kepada anak , sebelum terlambat coba batasi penggunaannya contohnya seperti ini
Jika anak anda memaksa anda untuk meminjamkan smartphone untuknya coba kita beri jika dia terus-terusan merengek , satu hal yang perlu kalian ketahui Jangan sampai anak terlalu asik dengan smartphonenya . Biasanya kita orang tua terlalu membiarkan mereka asik pada smartphone-nya , hal ini bisa kita batasi misalnya kita hanya meminjamkan mereka hanya dengan waktu 15-30 menit jika mereka menangis , coba marahi mereka dengan lembut jangan dengan cara kasar .


4. Memberikan Mainan Baru Kepada Anak

Orang tua jaman sekarang jarang sekali mengajak anak untuk pergi ke sebuah toko mainan untuk si kecil karena faktor kesibukan kerja . Coba kita ajak si kecil menonton sebuah film kartun contohnya Transformers dan setelah kita selesai menonton coba kita ajak anak kita pergi ke sebuah toko mainan untuk membeli mainan robot Transformers , hal ini membuat anak memiliki imajinasi dengan cara berhayal .


5. Akrablah Dengan Anak

Coba dengan hal ini, kita sebagai orang tua harus akrab kepada si kecil agar mereka mengerti dan menuruti apa yang kita bicarakan, misalnya kita bercanda dengannya , hal ini membuat anak merasa bahagia dan jika si kecil menangis karena ingin meminjam smartphone coba rayu si kecil dengan cara mengancamnya seperti "mau main game atau main ama ayah? " coba ancam dengan kalimat tersebut dan kalimat lainnya .